Dekatkan pelayanan, BPJS Kota Palu keliling ke kelurahan
Penulis: Pintara Dinda Syahjada | Publikasi: 23 Mei 2023 - 19:08
Bagikan ke:
TUTURA.ID - Dekatkan pelayanan, BPJS Kota Palu keliling ke kelurahan
Dengan menggunakan mobil, BPJS Keliling melayani warga secara langsung di kelurahan. (Foto: Pintara Dinda Syahjada)

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kota Palu telah menyediakan layanan Mobile Customer Service (MCS) hampir di seluruh wilayah di Indonesia termasuk Kota Palu. Sekarang akrab disebut dengan layanan BPJS Keliling.

Layanan BPJS keliling berkonsep hampir sama dengan sistem SIM keliling. Bedanya BPJS keliling mendatangi langsung ke setiap kelurahan, instansi, perusahaan, hingga pelayanan publik untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Dengan begitu, tidak perlu lagi datang langsung ke kantor BPJS cabang Kota Palu.

BPJS Keliling sejatinya telah beroperasi sejak tahun 2014, meskipun sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19 dan mulai beroperasi kembali di tahun 2021. Layanan BPJS keliling dilaksanakan setiap Senin hingga Jumat dengan lokasi kelurahan-kelurahan yang berbeda. Layanan ini biasanya dimulai dari pukul 09.00-12.00 WITA.

Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan Kantor Cabang Kota Palu, Nurhasanah Kalauw, mengatakan layanan BPJS keliling ini sudah terlaksana hampir di semua kelurahan di Kota Palu. Ada jadwal yang mengatur kelurahan mana saja yang akan didatangi setiap hari kerja. Dia mengungkapkan layanan BPJS keliling ini menggunakan fasilitas mobil milik BPJS.

“Alhamdulilah sejauh ini warga sangat antusias, karena itu juga salah satu cara untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi masyarakat tidak harus langsung datang ke kantor cabang. Bisa langsung mendapatkan pelayanan dari kami sesuai dengan jadwal yang kami buat untuk ke tiap kelurahan,” ujarnya kepada pihak Tutura.Id saat ditemui di kantor setelah jam waktu makan siang, Senin (15/05/2023).

Informasi terkait jadwal kelurahan atau instansi yang akan didatangi BPJS keliling bisa dilihat melalui situsweb BPJS www.bpjs-kesehatan.go.id. Sedangkan untuk layanan chat bot atau via WhatsApp bisa menghubungi nomor 0811-8750-400. Bisa juga mengaksesnya menggunakan aplikasi mobile JKN yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store. 

Namun untuk saat ini, Nurhasanah mengungkapkan bila pihaknya hendak turun ke kelurahan, satu minggu sebelumnya pihaknya akan menyurat ke kantor kelurahan yang akan didatangi. Ini dilakukan agar masyarakat mengetahui jadwal layanan BPJS keliling di wilayah tersebut.

Layanan BPJS Keliling

Layanan yang tersedia untuk BPJS keliling hampir sama dengan layanan yang ada di kantor cabang Kota Palu, yaitu pendaftaran peserta baru atau peserta mandiri, perubahan data peserta, perubahan fasilitas kesehatan dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

“Layanannya sama cuma konsepnya berbeda. Kalau di kantor cabang pasti peserta datang dulu kemudian masuk ke loket. Kalau BPJS keliling konsepnya seperti itu, kami langsung jemput bola artinya kami langsung datang ke masyarakat ataupun instansi pemerintah dan kami menginformasikan bahwa nanti akan ada layanan-layanan dari BPJS keliling. Bedanya seperti itu saja, kalau untuk layanan sebenarnya sama,” terang Nurhasanah.

Dia mengungkapkan menurut pengalaman, dalam satu kelurahan warga yang menggunakan layanan bisa mencapai 10 hingga 40 orang. Sementara untuk jenis layanan yang disediakan, dia mengklaim hampir semua diminati oleh warga. Namun yang paling banyak pesertanya dalam layanan BPJS keliling ini biasanya pendaftaran peserta baru mencapai 60% dari total layanan yang ada.  

Selain membuka pelayanan, petugas BPJS juga memberikan penjelasan seputar layanan di Kelurahan Kawatuna pada 16 Mei 2023. (Foto: Pintara Dinda Syahjada)

Sementara itu, Turura.Id melihat secara langsung pelayanan BPJS Keliling di Kelurahan Kawatuna pada 16 Mei 2023. Salah satu warga kelurahan Kawatuna, Maryana (47) mengatakan terbantu dengan layanan BPJS Keliling. Pasalnya, dia tidak perlau jauh-kauh datang ke  kantor cabang.

“Saya ini sangat butuh BPJS ini kan mau berobat karena suamiku itu sakit, dia belum ada BPJS nya. Saya tidak tahu sebelumnya harus ke mana kalau mau buat BPJS. Kalau saya dengan anakku sudah ada, tapi dari kampung Pantai Timur baru waktu saya mau berobat ke puskesmas katanya tidak aktif,” ujar Maryana.

Senada dengannya, Nulina (56), mengatakan penjelasan staf BPJS membantunya mengerti beberapa layanan yang dibutuhkannya. “Lebih mudah dan bagus cara pelayanannya, dan memberikan pengarahan yang sangat dimengerti,” pungkasnya.

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?
Suka
2
Jatuh cinta
0
Lucu
0
Sedih
0
Kaget
0
Marah
0
Baca juga
TUTURA.ID - Strategi Hidayat meningkatkan PAD Kota Palu tanpa membebani warga
Strategi Hidayat meningkatkan PAD Kota Palu tanpa membebani warga
Calon Wali Kota Palu, Hidayat, menyebut bahwa meningkatkan pendapatan asli daerah tidak melulu dengan membani…
TUTURA.ID - Sinergi menjaga inflasi di Sigi
Sinergi menjaga inflasi di Sigi
Pemerintah Kabupaten Sigi selalu berupaya mengambil langkah strategis dalam menjaga stabilitas inflasi dan mendorong pertumbuhan…
TUTURA.ID - Hidayat: Jika kembali menjadi wali kota, saya akan bangun New Tatura Mall
Hidayat: Jika kembali menjadi wali kota, saya akan bangun New Tatura Mall
Pembangunan New Tatura Mall yang mangkrak akan dilanjutkan oleh Hidayat jika terpilih jadi Wali Kota…
TUTURA.ID - Mempromosikan literasi dini di rumah dengan membaca nyaring
Mempromosikan literasi dini di rumah dengan membaca nyaring
Anak-anak seharusnya diperkenalkan budaya membaca sejak dari dalam rumah. Caranya harus menyenangkan dan penuh kasih…
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng