Saat bakal calon Pilgub Sulteng 2024 saling ''perang'' foto di media sosial
Penulis: Anggra Yusuf | Publikasi: 4 Mei 2024 - 23:24
Bagikan ke:
TUTURA.ID - Saat bakal calon Pilgub Sulteng 2024 saling ''perang'' foto di media sosial
Tiga kandidat bakal calon peserta pemilihan gubernur Sulawesi Tengah 2024, selain Anwar Hafid, dalam tampilan gambar versi kecerdasan buatan | Sumber: Istimewa

Pilkada gubernur Sulteng 2024 masih enam bulan lagi. Bukan lagi pemanasan, pertarungan kecil-kecilan tampaknya sudah dimulai. Hal ini terlihat dari beragam unggahan para tokoh politisi yang jauh-jauh hari berniat maju berkompetisi.

Teranyar, kiriman pertama datang dari akun Instagram Mohamad Irwan Lapatta (@irwanlapatta), kader Partai Golkar cum Bupati Sigi. Kamis (3/5/2024) dirinya mengunggah foto kunjungannya di kantor PDI-Perjuangan Sulteng guna mengembalikan formulir bakal calon gubernur. 

“Secara kelembagaan maupun pribadi, saya berharap agar Partai Golkar dan PDI-Perjuangan bisa bersinergi dalam rangka Pilkada Sulteng 2024, begitupun di kabupaten dan kota,” demikian tulis Irwan dalam unggahan yang memuat tiga potret tersebut.

Dalam konteks politik nasional, harapan Irwan agar kedua partai dapat berlayar bersama dalam kontestasi Pilkada Sulteng 2024 agaknya susah-susah gampang. Pasalnya, pada Pilpres lalu Golkar mengusung Prabowo-Gibran yang akhirnya jadi pemenang. Sementara partai berlogo banteng mengusung Ganjar-Mahfud.

Seperti diketahui, politisi partai pohon beringin tersebut telah mengantongi warkat penugasan dari Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk berkompetisi pada Pilgub Sulteng nanti.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ahmad Ali (@madtu_madali)

Unggahan lainnya datang dari akun Instagram pribadi Ahmad Ali (@madtu_madali), Wakil Ketua Umum DPP NasDem, pada 23 April, yang  juga sempat mengundang perbincangan publik. 

Dalam unggahan tersebut, Ali terlihat duduk berbincang bersama Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto dan didampingi Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulteng Abdul Karim Al Jufri–sosok yang digadang-gadang bakal mendampingi Ali pada Pilgub 2024 nanti.

“Malam yg menggembirakan, bersilaturahmi dengan bapak presiden terpilih jenderal Prabowo Subianto di Kertanegara, sambil mendengarkan wejangan dan arahan dari beliau,” tulis Ali dalam unggahan tersebut.

Potret tersebut beroleh 3.197 tanda suka dari warganet dan dikomentari sebanyak 242 kali.

“Sudah saatnya Pak Mat Ali menjadi orang No. 1 di Prov. Sulawesi Tengah. TTD Rekom for Sulteng 2024. Yang lain pasti Lewatlah,” tulis salah seorang warganet dalam kolom komentar. 

Sejauh ini Ali terlihat mantap berkompetisi merebut kursi orang nomor satu Sulteng. Sejumlah gelagat telah ia  tunjukkan, di antaranya safari politik ke beberapa perwakilan daerah partai politik. Padahal dirinya belum punya bakal calon wakil gubernur sebagai pendamping.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by H. Rusdy Mastura (@rusdy_mastura)

Enam hari berselang kiriman Ali di Instagram, bak berbalas pantun, kali ini Gubernur Sulteng Rusdy Mastura juga mengirim foto bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di akun Instagram pribadinya (@rusdy_mastura)

“Alhamdulillah, hari ini berkesempatan silaturrahmi dengan Ketua Umum Partai NasDem H. Surya Paloh. Saya menyampaikan beberapa capaian-capaian strategis dan situasi terkini Provinsi Sulawesi Tengah,” tulis Cudy dalam kapsi unggahan tersebut.

Dalam unggahan akun Facebook Mohamad Hamdin, sang petahana juga terlihat berfoto dengan Hasyim Djojohadikusumo. Bahkan tersiar kabar bahwa Cudy bakal bertemu Ketum Gerindra Prabowo–kakak kandung Hasyim.

Seperti diketahui, kala Cudy maju dalam Pilgub 2020, dirinya diusung oleh Partai NasDem. Kemudian sejak tahun lalu memutuskan bergabung dengan Partai Gerindra.

Hubungan antara Cudy dan Ali kerap diisukan mengalami pasang surut. Meski pada banyak kesempatan keduanya membantah, hubungan mereka lebih sering ditampilkan oleh media dalam balutan rivalitas.

Selanjutnya ada pula foto Anwar Hafid, politisi Partai Demokrat, yang beredar di grup WhatsApp. Dalam potret tersebut, terlihat Anwar bersama Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky dan bakal calon wakil gubernur pendampingnya Reny Lamadjido.

Anwar mengaku bahwa map yang dipegang olehnya dan sekjen partai berlogo mercy tersebut merupakan rekomendasi untuk maju dalam Pilgub Sulteng. Tak ayal hal itu turut memanaskan persaingan perebutan 01 Sulteng.

“Iya, diserahkan tadi pukul 13.30 Wita,” jawabnya mengutip wartasulawesi.com (1/5).

Sejauh ini, Anwar-Reny jadi satu-satunya yang telah menyatakan sikap berpasangan pada Pilgub Sulteng 2024. Bahkan keduanya mantap mengusung slogan “Berani”, akronim dari “Bersama Anwar-Reny”. Anwar juga siap melobi partai-partai lain untuk membersamai Partai Demokrat.

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?
Suka
6
Jatuh cinta
0
Lucu
0
Sedih
0
Kaget
0
Marah
0
Mungkin tertarik
TUTURA.ID - Kadis Kehutanan Sulteng purnabakti dengan sederet prestasi
Kadis Kehutanan Sulteng purnabakti dengan sederet prestasi
Dr. Ir. H. Nahardi, MM., IPU akhirnya purnabakti setelah 14 tahun menjabat Kadis Kehutanan Prov.…
TUTURA.ID - Balai Bahasa Sulawesi Tengah menerbitkan kamus berbahasa daerah
Balai Bahasa Sulawesi Tengah menerbitkan kamus berbahasa daerah
Selain menerbitkan kamus berbahasa daerah, Balai Bahasa Sulteng giat memetakan bahasa. Hasilnya, Sulteng ketambahan 21…
TUTURA.ID - Menyambangi Koleksi Deposit; ruang terbitan lokal di Perpusda Sulteng
Menyambangi Koleksi Deposit; ruang terbitan lokal di Perpusda Sulteng
Tutura.Id berkesempatan melihat koleksi terbitan lokal di Perpustakaan Daerah Sulteng. Koleksi lokal ini menempati satu…
TUTURA.ID - Membangun ekosistem berkesenian sejak dari kampus
Membangun ekosistem berkesenian sejak dari kampus
Gelar Karya Seni Komunitas Seni Tadulako berlangsung di Universitas Tadulako. Awalan bagus untuk menciptakan ruang-ruang…
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng