Nabila Nursakina, si pemilik jargon ''ikut aku aja joo'' yang viral karena kambing
Penulis: Sindi Dian Wahyuningtias | Publikasi: 22 Maret 2024 - 13:45
Bagikan ke:
TUTURA.ID - Nabila Nursakina, si pemilik jargon ''ikut aku aja joo'' yang viral karena kambing
Nabila Nursakina kini juga sedang mengembangkan jenama sendiri yang menjual produk kecantikan dan fesyen | Sumber: instagram.com/nabilanursakina

Dunia media sosial kini ramai dengan kemuculan pemengaruh alias influencer. Pun jagat bermedsos ria di Palu. Salah satunya Nabila Nursakina. Perempuan kelahiran 28 Februari 2001 ini termasuk populer, utamanya di TikTok dan Instagram.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan pemengaruh sebagai persona atau figur yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Perilaku pemengaruh biasanya akan diikuti oleh para pengikutnya.

Alasan mengapa seseorang menuai banyak pengikut—tentu di luar figur publik dan artis yang kadung populer—bisa karena muatan konten-kontennya selalu menghibur, atau bisa juga karena kerap membagikan hal-hal inspiratif.

Nabila masuk dalam kategori pertama. Itu diakuinya saat kami bersua di Renjana Kopi, Talise, Rabu (20/3/2024). Lantaran mengunggah video TikTok sedang meneriaki seekor kambing yang mengembik di belakangnya, September 2020, akun milik Nabila seketika jadi pusat perhatian.

Video lucu-lucuan itu menembus hingga sekitar 3,3 juta viewers. Pun laris jadi bahan repost oleh akun-akun lain. Alhasil pengikutnya seketika meningkat. Beriring tawaran mendukung (endorsement) aneka produk.

@ini.nabilaa

:)

♬ original sound - nabilanursakina - Ig: nabilanursakina

Unggahan beberapa video lainnya, yang ia beri tajuk “a day in my life” berisi giat kesehariannya sebagai mahasiswi di kampus Universitas Tadulako, Palu, ternyata juga menuai banyak penyuka. Penyampaian Nabila dengan menggunakan logat Palu nan kental bikin video-video tersebut rerata dilihat ratusan ribu kali.

Momentum itu dimanfaatkan Nabila dengan rajin dan konsisten membuat konten video di TikTok. Perlahan Nabila jadi sosok pemengaruh. Ia juga menjadi duta jenama produk kacamata, toko belanja, perawatan kulit, dan minuman kesehatan.

Kini jumlah pengikut Nabila di TikTok (hingga 22/3) mencapai 194,8 ribu. Jumlah penyuka video-videonya di aplikasi tersebut mencapai 6,2 juta. Sedangkan akun Instagramnya mencatatkan 38,5 ribu followers.

Saat ini Nabila berfokus menyuguhkan aneka konten tentang kuliner khas Palu, fesyen, dan kecantikan. Pun demikian, selipan humor pemancing tawa dalam setiap konten tetap ia hadirkan. Ini semacam jadi ciri khas yang bikin video-video Nabila selalu bisa menghibur warganet.

Selain itu, ia juga menciptakan slogan “ikut aku aja joo”. Mencampurkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baku, logat Jakarta, dan idiom warga Palu.

“Awalnya bukan ‘ikut aku aja joo’, tapi ‘ikut saya jo’. Cuma karena saya mau unik, jadi saya ganti pakai ‘aku’. Ternyata banyak yang suka,” ungkap Nabila.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ini.nabilaa (@nabilanursakina)

Menjadi seorang pemengaruh bagi sebagian orang mungkin terlihat wah. Kenyataannya tak selalu indah seperti terlihat. Sebab ada saja mampir cibiran dari netizen yang sifatnya meremehkan. Sering pula ia dituntut untuk selalu tampil sempurna.

Ibarat pepatah “anjing menggonggong kafilah berlalu”, Nabila tak ingin menanggapi terlalu serius cibiran-cibiran yang dialamatkan kepadanya. Ia mantap melangkah mengikuti passion-nya.

Bukan sekadar bikin konten dan eksis di medsos, tapi juga kerap diundang sebagai pembicara berbagai acara dan workshop. Tawaran bekerja sama dengan berbagai jenama di Kota Palu untuk mempromosikan produk juga sering mampir.

Nabila saat ini sedang merintis dan mengembangkan jenama sendiri yang diberinya nama Bilana. Usaha yang bergerak di bidang fesyen dan kecantikan itu mengusung slogan “simple is beauty”.

Bagi Nabila, memanfaatkan tren penggunaan medsos bukan semata hobi, tapi juga bisa opsi untuk menunjang karier. “Saya berharap dapat menekuni profesi ini (influencer, red.) sampai seterusnya. Karena menurut saya, bidang ini sangat sesuai dengan passion-ku yang suka berinteraksi dengan banyak orang baru,” ujar Nabila menutup pembicaraan.

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?
Suka
3
Jatuh cinta
2
Lucu
0
Sedih
1
Kaget
0
Marah
0
Mungkin tertarik
TUTURA.ID - Masjid Nurul Yaqin: Pesona rumah ibadah di tepi Teluk Palu
Masjid Nurul Yaqin: Pesona rumah ibadah di tepi Teluk Palu
Masjid Islamic Center Nurul Yaqin mulai dilirik sebagai tempat potret favorit. Foto berlatar masjid ini…
TUTURA.ID - Medsos: Panggung politik utama untuk menggaet pemilih muda
Medsos: Panggung politik utama untuk menggaet pemilih muda
Anak muda lebih suka mencerna gagasan dan informasi lewat medsos. Politisi tentu saja melirik medsos.…
TUTURA.ID - Pandangan medis soal tren kecantikan ala TikTok soal ''top teeth speaker'' dan ''bottom teeth speaker''
Pandangan medis soal tren kecantikan ala TikTok soal ''top teeth speaker'' dan ''bottom teeth speaker''
Muncul tren kecantikan baru di TikTok. Tren ini mengukur kecantikan berdasarkan bagian gigi atas atau…
TUTURA.ID - Elon Musk pecat ribuan pekerja Twitter, dan pasang tarif centang biru
Elon Musk pecat ribuan pekerja Twitter, dan pasang tarif centang biru
Elon Musk memecat setengah dari 7.500 karyawan Twitter. Ia berdalih perusahaan merugi. Sejumlah jenama protes…
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng