HUT ke-16 Sigi: Upaya terus memperbaiki diri
Penulis: Hermawan Akil | Publikasi: 24 Juni 2024 - 17:37
Bagikan ke:
TUTURA.ID - HUT ke-16 Sigi: Upaya terus memperbaiki diri
Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta saat memberikan penghargaan kepada perwakilan desa yang memenangkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 | Foto: Hermawan Akil/Tutura.Id

Memperingati hari jadi Kabupaten Sigi yang tahun ini berusia 16, Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta dalam pidatonya meminta kolaborasi semua pihak untuk bersama mewujudkan semboyan “Mareso Masagena”. Bekerja keras bersama demi meraih kesuksesan menuju kesejahteraan.

Iwan, sapaan akrab Irwan, menyadari betul masih banyak pembenahan yang harus dilakukan menginjak usia Sigi yang masih sangat belia. Salah satu yang menjadi sorotannya, juga kerap jadi keluhan warga, terkait perbaikan prasarana umum.

Perbaikan dan pembukaan jalan, khususnya di daerah-daerah yang selama ini masih terisolir, terus diupayakan di tengah keterbatasan anggaran.

Misalnya keberhasilan membangun sarana air bersih bagi warga Bora yang berasal dari bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Sigi juga sudah berhasil menggolkan ruas jalan di sepanjang Desa Gimpu-Peana-Kalamanta dalam Usulan Prioritas Nasional. Jalan ini diharapkan bisa lebih mulus menghubungkan antara Sigi dengan Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Akses jalan menuju puncak Matantimali juga sudah diperbaiki. Wisatawan yang ingin memandangi Lembah Palu dari ketinggian kini tak perlu lagi was-was harus beradu nyali melewati jalanan berlubang.

Selain infrastruktur, menggenjot pelayanan dasar berupa pendidikan dan kesehatan juga berupaya terus ditingkatkan.

Melalui program Sigi Masagena,  misalnya, Pemkab Sigi memberikan pendidikan dan kesehatan gratis bagi warga Sigi yang tidak mampu secara ekonomi dengan tujuan menurunkan angka rumah tangga miskin (RTM) di Sigi.

Pasar pangan murah juga hadir meramaikan peringatan HUT ke-16 Kabupaten Sigi yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Binangga, Marawola | Foto: Hermawan Akil/Tutura.Id

Peringatan ulang tahun Kabupaten Sigi ke-16 berlangsung di Lapangan Bola Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Senin (24/6/2024). Kondisi lapangan yang masih basah imbas hujan tak menyurutkan semangat para tetamu.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura tampak di antara para tamu yang hadir. Didampingi Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta, keduanya hadir dengan sama-sama mengenakan setelah pakaian berwarna kuning.

Kekompokan keduanya menggunakan setelan kuning bisa saja faktor kebetulan. Terlebih warna kuning selama ini identik dengan Suku Kaili, suku mayoritas yang mendiami Sulteng.

Namun, jika memperhatikan dinamika politik di Sulteng kurun beberapa waktu terakhir, penggunaan atribut berwarna kuning dari kedua tokoh ini bisa menyiratkan makna lebih.

Maklum, kedua sosok yang siap bersaing dalam bursa pemilihan gubernur Sulteng 2024 ini dikabarkan gencar berusaha meraih dukungan Golkar, partai politik yang juga identik dengan warna kuning.

Dan Cudy, sapaan akrab Rusdy Mastura, seperti biasa tak sungkan bicara blak-blakan di depan publik.

“Saya bangga sebagai orang Sigi jadi gubernur. Kita harapkan beliau (Irwan Lapatta) juga harus berani maju (jadi gubernur). Jangan takut (segan) karena ada saya. Saya doakan beliau supaya maju ke depan. Menjadi tokoh yang penting di Sulawesi Tengah,” ujar Cudy yang langsung bersambut riuh tepuk tangan oleh para tetamu.

Hal lain yang disampaikan Cudy dalam kesempatan tersebut adalah upaya penurunan angka stunting sebesar 10% di Kabupaten Sigi. Oleh karena itu, ia melayangkan sanjungan kepada Bupati Sigi.

“Semoga di usia yang telah lebih dari satu dasawarsa ini, Kabupaten Sigi lebih maju,” ujar Cudy lagi dalam sambutannya.

Pemberian apresiasi dan teguran kepada OPD terbersih (kiri) dan terkotor dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Sigi | Foto: Hermawan Akil/Tutura.Id

Dalam perayaan ulang tahun yang mengusung tema “Sigi Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan”, Pemkab Sigi juga mengadakan pasar pangan murah, pemeriksaan kesehatan gratis, dan beberapa stan UMKM yang menjual keripik, kopi, hingga sambal. Tersematkan pula lomba panggau kaluku alias memarut kelapa.

Pemkab Sigi tak ketinggalan memberikan penghargaan dan teguran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal menjaga kebersihan di lingkungan kerja. Bentuknya agak lain.

OPD yang mendapatkan penghargaan sebagai kantor paling bersih diberikan kepada Dinas Koperasi dan UMKM (total nilai 87). Menyusul berikutnya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (70). Terakhir Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (69).

Masing-masing perwakilan yang maju ke atas panggung diberikan piala dan uang tunai sebagai bentuk apresiasi.

Sementara tiga OPD yang termasuk kategori paling kotor dalam hal menjaga kebersihan lingkungan kerjanya jatuh kepada Dinas Perumahan Rakyat (33), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (32), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (29). Sebagai bentuk teguran, perwakilan OPD mendapatkan sapu lidi.

Ada lagi penghargaan lain yang diberikan untuk Desa Wisata Anggrek Karunia, Desa Wisata Paralayang Wayu, dan Desa Wisata Kain Kulit Kayu Mataue sebagai penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?
Suka
1
Jatuh cinta
0
Lucu
0
Sedih
0
Kaget
0
Marah
0
Mungkin tertarik
TUTURA.ID - Sulteng masuk lima besar provinsi paling demokratis di Indonesia
Sulteng masuk lima besar provinsi paling demokratis di Indonesia
Sulteng menempati posisi empat dalam Indeks Demokrasi Indonesia. Namun masih tersisa pekerjaan rumah demi demokrasi…
TUTURA.ID - Kaleidoskop 2022: Sosial Politik
Kaleidoskop 2022: Sosial Politik
Beragam peristiwa terjadi dari ranah sosial politik. Kami menyarikan mulai dari program pemberian vaksin booster…
TUTURA.ID - Manuver relawan dalam negosiasi politik Pilpres 2024
Manuver relawan dalam negosiasi politik Pilpres 2024
Menuju Pilpres 2024, manuver relawan kian ramai. Relawan tak lagi sekadar kumpulan fan setia. Ia…
TUTURA.ID - Tenaga ahli gubernur Sulteng terbelit dugaan korupsi Gedung DPRD Morut
Tenaga ahli gubernur Sulteng terbelit dugaan korupsi Gedung DPRD Morut
KPK tunggu waktu pas buat rilis tersangka dugaan korupsi Gedung DPRD Morut. Ronny Tanusaputra, tenaga…
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng