Kaleidoskop 2023: Sosial Politik
Penulis: Robert Dwiantoro | Publikasi: 30 Desember 2023 - 13:57
Bagikan ke:
TUTURA.ID - Kaleidoskop 2023: Sosial Politik
Puluhan pekerja sedang melintas di depan tungku peleburan (smelter) nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), lokasi ledakan di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Minggu (24/12/2023) | Asset: imip.co.id

Januari:

- Dua buruh meninggal dunia dan 11 lainnya luka-luka akibat bentrokan antarpekerja di PT GNI Morowali Utara. Belasan buruh bahkan dijebloskan ke terungku karena dituduh sebagai dalang kerusuhan. Kejadian ini berpangkal dari aksi mogok kerja serikat buruh imbas kecelakaan kerja berulang kurun 2022-2023.

Februari:

- Novalina tetap dilantik sebagai sekretaris daerah provinsi (sekdaprov) Sulteng, meski terus beroleh reaksi penolakan dari Gubernur Rusdy Mastura. Tak ingin berpolemik, Novalina mengaku siap bekerja di bawah kepemimpinan Gubernur Cudi.

- Proyek mangkrak New Mall Tatura bikin ribut warga dan kalangan elit di Kota Palu. Sebelumnya, sebuah spanduk bertuliskan "selamatkan Mall Tatura" terpajang di dinding pembatas proyek berbiaya hampir Rp500 miliar itu. 

Maret:

- Film Tanah Emas garapan sutradara asal Palu, Rahmadiyah Tri Gayatri menampilkan dua sisi berseberangan pemanfaatan emas. 

Bagi salah satu komunitas, emas dianggap sebagai budaya, tetapi di sisi lain, emas hanya dipandang sebagai alat tukar, dieksplorasi tanpa memikirkan dampak dikemudian hari.

April:

- 480 pelajar SDN Pengawu, Palu, terpaksa belajar hanya dua jam sehari imbas penggiliran ruang kelas. Hal itu tersebab mangkraknya proyek renovasi sekolah yang rusak akibat bencana alam 28 September 2018. 

Mei:

- Kondisi kesehatan Gubernur Cudi membaik usai jalani kemoterapi. Sebelumnya, pada 10 Maret 2023, mantan wali kota Palu dua periode itu tiba-tiba dilarikan ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (RS MMC), Jakarta.

- Keinginan "naik kelas" Wakil Wali Kota Palu Reny Lamadjido, rupanya karena mau berpasangan dengan Anwar Hafid, Ketua Partai Demokrat Sulteng yang kembali berniat maju sebagai gubernur di Pilkada Sulteng 2024.

Juni:

- Perusahaan nikel Baoshou Taman Industry Investment Group (BTIIG) di Morowali, terus menuai sorotan negatif. Konglomerasi asal Tiongkok itu punya setumpuk masalah mulai dari sengkarut izin hingga merumahkan pekerja tanpa pemberian hak.

- Sekelompok petani dari sejumlah desa di Lembah Napu, Poso, menolak klaim penguasaan lahan dari Badan Bank Tanah (BBT). Doni Moidady, Koordinator Konsorsium Pembaruan Agraria Sulteng menyebut jika kehadiran BBT, alih-alih jadi solusi, malah bikin konflik struktural baru antara warga dengan negara.

Salah satu plang Badan Bank Tanah (BBT) di Desa Watutau, Kecamatan Lore Peore, Kabupaten Poso | Foto: Istimewa

Juli:

- Komentar Wali Kota Palu Hadianto Rasyid soal masalah infastruktur di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, mengundang reaksi pro kontra di kalangan publik.

Sebagian pihak menilai, ketua Partai Hanura Sulteng itu sedang menarik simpati warga sebab mendekati momen Pilkada Sulteng 2024.

Sementara Wakil Bupati Sigi Samuel Pongi menyoroti pentingnya kepala daerah punya etika terkait otonomi daerah.

Agustus:

- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberi skor 1,24 untuk kinerja penyelenggaraan Pemkot Palu. Angka ini bikin Kota Palu berstatus paling rendah alias urutan ke-13 dari 13 kabupaten/kota di Sulteng.

Kinerja jeblok ini justru bersimpang dengan pembangunan yang masif dilakukan oleh Wali Kota Hadi dan Wakil Wali Kota Reny sejak dilantik pada Februari 2021.

September:

- Kasus rangka motor Honda patah di Kabupaten Buol, mendadak viral di linimasa media sosial di tengah kabar miring soal kekuatan rangka eSAF, teknologi teranyar pabrikan motor Honda. CV Anugerah Perdana—distributor resmi Honda di Sulteng—menjawab rangka patah Honda Genio di Buol murni karena kecelakaan.

- Pada 28 September 2023, juga menjadi peringatan lima tahun katastrofe gempa bumi, tsunami, dan liquefaksi yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Oktober:

- Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024 resmi mendaftarkan diri ke KPU RI. Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar menjadi pasangan kandidat pertama yang melakukan registrasi, disusul Ganjar Pranowo-Mohammad Mahfud Mahmodin, kemudian Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

November:

- Tiga peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 resmi mendapat nomor urut; Anies-Muhaimin mendapat nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan nomor urut 3 untuk Ganjar-Mahfud.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menunjuk politisi asal Sulteng sekaligus Wakil Ketua Partai NasDem, Ahmad Ali ditunjuk sebagai pelatih kepala Tim Nasional Pemenangan  (Timnas) Anies-Muhaimin.

Di saat bersamaan, Ali menampilkan kebersamaan keluarganya kala melawat ke Santiago Bernabeu, markas utama klub raksasa Real Madrid.

Desember:

- Tiga insiden di tambang nikel menjadi sorotan media di pengujung tahun.

Kecelakaan kerja di PT Koninis Fajar Mineral (KFM), Banggai menewaskan satu pekerja, sementara ledakan tungku peleburan (smelter) nikel di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyebabkan 19 pekerja meninggal dunia di antara 59 korban.

- Teranyar, salah satu smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara juga mengalami kebakaran.  

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?
Suka
1
Jatuh cinta
0
Lucu
0
Sedih
0
Kaget
0
Marah
0
Mungkin tertarik
TUTURA.ID - Bermula dari ganti tugas teman menyanyi, Bunda Nona jadi ikon Pongko Dero
Bermula dari ganti tugas teman menyanyi, Bunda Nona jadi ikon Pongko Dero
Bunda Nona dikenal luas sebagai penyanyi dero nomor wahid. Konon, kehadiran dirinya menyanyi dalam sebuah…
TUTURA.ID - Pendamping sosial harus jadi garda terdepan kesejahteraan keluarga harapan
Pendamping sosial harus jadi garda terdepan kesejahteraan keluarga harapan
Bupati Sigi Mohamad Irwan berharap pendamping sosial PKH bisa menjadi garda terdepan meningkatkan kesejahteraan keluarga…
TUTURA.ID - Anak kecanduan gawai, orang tua harus tak kalah pandai
Anak kecanduan gawai, orang tua harus tak kalah pandai
Anak umur 0-2 tahun memiliki risiko terganggu perkembangannya akibat kecanduan gawai. Orang tua diminta bersikap…
TUTURA.ID - Enam kelompok pekerjaan dilarang terlibat politik partisan
Enam kelompok pekerjaan dilarang terlibat politik partisan
Tak semua sumberdaya manusia (SDM) boleh terlibat politik partisan, beberapa diantaranya bahkan dilarang tegas oleh…
TUTURA.ID - Darurat Kekerasan Seksual Di Sulteng